Monday, December 2, 2013

Asus Fonepad vs Samsung Galaxy Tab 3 vs Lenovo A3000: Persaingan 3 Tablet Murah dengan Fungsi Telepon

Tiga Tablet Harga Terjangkau dengan Fungsi Telepon:
Apa Saja Perbedaanya?



Asus Fonepad vs Samsung Galaxy Tab 3 vs Lenovo A3000


Menjelang akhir tahun, biasanya semakin banyak orang yang berencana untuk gadget baru, baik untuk diri sendiri maupun untuk hadiah. Salah satu jenis gadget yang populer sekarang adalah tablet dengan ukuran layar 7 inci yang berfungsi sebagai telepon, sehingga Anda tidak perlu repot membawa tablet dan smartphone sekaligus. Merek-merek ternama seperti Asus, Samsung, dan Lenovo memiliki produk tablet dengan harga yang bersaing (baca: murah tetapi berkualitas), yaitu Asus Fonepad, Samsung Galaxy Tab 3 7.0, dan Lenovo A3000, semuanya berlayar 7 inci, sehingga sering membuat calon pembeli bingung dalam menentukan pilihan. Mari kita bahas perbedaan ketiga tablet tersebut...



Perbedaan Ukuran dan Jenis Layar

Asus Fonepad


Baik Asus Fonepad, Samsung Tab 3, maupun Lenovo A3000 memiliki layar dengan diagonal yang sama, yaitu 7 inci. Namun, terdapat perbedaan dari resolusi dan jenis panel yang digunakan ketiga tablet tersebut. Asus dan Lenovo telah menggunakan jenis panel IPS (In-Plane Switching), sehingga warna layar tetap terlihat cerah dan natural bahkan bila dilihat dari samping/sudut miring, sementara Samsung masih menggunakan teknologi TFT yang kurang canggih, tetapi dengan sudut pandang yang masih cukup lebar.

Walaupun sama-sama memiliki luas layar serupa, Asus Fonepad memiliki kerapatan/resolusi layar yang lebih baik yaitu 1280x800 piksel, sementara Samsung Tab 3 dan Lenovo A3000 masih menggunakan resolusi 1024x600 piksel. Asus Fonepad memiliki kerapatan yang lebih tinggi, yaitu 216 ppi (pixel per inch), dibandingkan Samsung Tab 3 dan Lenovo A3000 (170 ppi) sehingga lebih nyaman saat digunakan untuk melihat foto, browsing, menonton video, atau bermain game.

Samsung Galaxy Tab 3 7.0

Perbedaan Ketipisan dan Berat Tablet


Untuk masalah tebal-tipisnya tablet, ketiganya memiliki ketipisan yang serupa, yaitu sekitar 1 cm. Namun Samsung Tab 3 sedikit lebih ringan (berat 306 gram) dibandingkan Asus Fonepad (340 gram) dan Lenovo A3000 (339 gram).

Prosesor dan Memori

Jenis Prosesor yang Digunakan

Ketiga tablet diposisikan untuk pasar mid-range, dan memiliki prosesor yang berbeda-beda tetapi dengan kemampuan komputasi yang kurang lebih sama (Fonepad: Intel Atom Z2420(versi 8GB)/ Z2460 (versi 32GB), Tab 3: Marvell PXA986, A3000: Mediatek MTK8125). Ketiga tablet memiliki RAM 1 GB, dan mendukung penggunaan microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan tablet.

Perbedaan Resolusi Kamera


Agar dapat digunakan untuk memotret diri sendiri dan melakukan video-calling, ketiga tablet telah dilengkapi dengan kamera depan. Asus Fonepad dan Samsung Tab 3 telah menggunakan kamera HD (1,2 dan 1,3 megapiksel) sementara Lenovo A3000 masih menggunakan kamera dengan resolusi yang lebih rendah yaitu VGA (0,3 megapiksel).

Namun, untuk urusan kamera belakang, Lenovo A3000 lebih unggul karena menggunakan sensor beresolusi 5 MP dan dapat merekam video FullHD atau 1080p, sementara Asus Fonepad dan Samsung Tab 3 memiliki kamera 3,15 MP yang dapat merekam video HD (720p). Untuk menjamin agar gambar yang dihasilkan tampil tajam, ketiga tablet telah dilengkapi dengan fasilitas autofocus, meskipun ketiganya tidak memiliki LED flashlight.

Lenovo A3000

Konektivitas dan Baterai


Ketiga tablet memiliki fasilitas konektivitas yang serupa, yaitu dapat melakukan akses data dan bertelepon di jaringan 3G, dukungan WiFi (tablet juga dapat menjadi hot-spot WiFi untuk gadget lain), Bluetooth, dan GPS. Fungsi NFC (Near Field Communications) belum didukung oleh Fonepad, Tab 3, dan A3000.

Untuk urusan baterai, Asus Fonepad memiliki baterai dengan kapasitas yang paling besar, yaitu 4270 mAh, disusul dengan Samsung Tab 3 (4000 mAh), dan Lenovo dengan baterai yang lebih kecil (3500mAh)

Salah Satu Faktor yang Paling Penting: Harga

Asus Fonepad: Fitur lengkap dengan harga terjangkau

Dari pantauan TabIndo, Asus Fonepad dan Lenovo A3000 dipasarkan pada kisaran harga Rp2.400.000 sampai Rp2.500.000, harga yang sangat terjangkau untuk ukuran tablet Android Jelly Bean yang sudah dilengkapi dengan fungsi telepon, sedangkan Samsung Tab dijual pada harga sekitar Rp3.500.000.

Akhirnya, bila harus menentukan pilihan, menurut saya Asus Fonepad merupakan pilihan yang paling tepat, terutama karena memiliki layar yang lebih tinggi resolusinya dan telah menggunakan panel IPS dibanding Lenovo A3000 dan Samsung Tab 3. Asus Fonepad juga memiliki kapasitas baterai paling besar dan dijual dengan harga yang lebih rendah dibanding Samsung Tab 3. Namun, tentu saja faktor desain tablet (dan warna) sesuai selera Anda juga menentukan mana tablet yang akan dipilih. Selamat memilih...


29 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama Zdavir, terima kasih sudah mampir...

      Delete
    2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. Manfaat nih yg mau beli tablet.. tp pulus cekak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kalau kurs dollar turun, harga-harga tablet ikut turun juga Pak Sudirpan, hehe... kita tunggu saja

      Delete
  3. :D lagi bingung samsung kemahalan, lenovo kameranya kurang bagus. Eh ada Asus. Terimakasih yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama SuzieCutie, selain itu memang Asus memiliki layar dengan resolusi lebih tinggi dibanding Samsung Tab 3 7.0 dan Lenovo A3000

      Delete
  4. Maaf gan, numpang nny nih,, asus fonepad support bbm'an gk ?
    tks sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aji, untuk Asus Fonepad tidak support untuk BBM, seperti juga tablet android merek lainnya, karena Blackberry belum mendukung perangkat tablet, seperti tertulis di laman resminya...

      "Android 4.0 ... or higher is required. Tablet devices not supported."
      http://ca.blackberry.com/bbm.html

      Delete
    2. asus fonepad sdh bs memakai bbm...saya memaki asus fonepad FE170CG

      Delete
  5. kl buat main game onlen bsa gak?

    ReplyDelete
  6. asus fonefad bisa kok bbman

    ReplyDelete
  7. mantab reviewnya cocok buat yang bimbang milih gadget nich
    makasih banyak infonya kalo bisa perbandingan yang lain tks

    ReplyDelete
  8. kl untuk olah dokumen yang mana yg lebih unggul ?

    ReplyDelete
  9. semua bisa tambah memori eksternal ngga ya?

    ReplyDelete
  10. Lenovo A3000 bisa buat bbm an kan?

    ReplyDelete
  11. lenovo a 3000 kok ada yang bilang ngak bisa telpon,pas nanya di salah satu toko
    bener ran bisa telp? yg bisa hdmi yang mana?
    tq ulasan nya..

    ReplyDelete
  12. gimana cara koneksi ke kabel vga/ proyektor?
    yang mna yang bia konek ke vga

    ReplyDelete
  13. klo di cermati, klihatannya lebih cocok pilih asus, tp apakah ada merk yang lain selain dari merek ini yg bs disejajarkan sehingga ulasannya jauh lebih menarik..

    ReplyDelete
  14. mksih penjelasan'y, tp saya masi bingung mau pilih asus apa samsung..

    ReplyDelete
  15. Hemmm, condong ke ASUS sih. . masih bimbang

    ReplyDelete
  16. Ni asus fonepd 7 yang mana?kan ada bermcam2 type nya..mohon info yaa

    ReplyDelete
  17. Bingung antara Fonepa Fe171cg atau Tab 3V

    ReplyDelete
  18. kalau perbedaan fenopad 7 dengan fenopad 8 selain harga ? trims

    ReplyDelete