Tuesday, December 10, 2013

Review Acer Iconia W3: Windows 8 dalam Kemasan Tablet 8 Inci

Tablet dengan ukuran 7 inci dan 10 inci merupakan ukuran yang paling umum saat ini, tapi bagi sebagian orang, layar 7 inci masih kekecilan, dan 10 inci kebesaran sehingga tidak praktis dibawa-bawa. Para pembuat tablet akhirnya mengeluarkan tablet dengan ukuran layar 8 inci sebagai jalan tengahnya. Bila Anda mencari tablet 8 inci dengan Apple iOS ada iPad mini, untuk OS Android, ada Samsung Galaxy Tab 3 8.0, Galaxy Note 8, dan Acer Iconia A1. Bagaimana untuk OS Windows? Di pasaran saat ini Acer Iconia W3 adalah satu-satunya tablet berlayar 8 inci dengan OS Windows. Mari kita bahas tablet ini...


Dimensi, Berat, Layar, dan Keyboard

Acer Iconia W3 merupakan tablet dengan kemampuan menjalankan OS Windows 8 seperti kebanyakan laptop, tetapi dengan berat yang jauh lebih ringan, yaitu hanya 500 gram. Ukurannya juga termasuk kompak, dengan dimensi 22 cm x 13 cm x 1,1 cm. Acer Iconia W3 memiliki layar berukuran 8.1 inci, yang telah mendukung resolusi HD (1280x800 piksel). Panel yang digunakan adalah panel jenis TFT, kemungkinan Acer tetap menggunakan panel TFT (bukan IPS) untuk menjaga agar harga Iconia W3 tetap terjangkau. Layar Iconia W3 mendukung multi-touch sampai dengan 5 jari sekaligus. Selain itu, pada Iconia W3 terdapat pula port micro HDMI yang dapat dihubungkan dengan layar LCD atau proyektor.




Dalam setiap paket penjualan, Acer telah menyertakan keyboard eksternal untuk membantu dalam urusan ketik-mengetik sehari-hari. Yang unik, keyboard ini berukuran lebih besar dari tablet untuk menjaga agar ukuran tuts keyboard tidak kekecilan, selain itu, tablet dapat diselipkan pada sisi belakang keyboard untuk melindungi layar dari benturan dan goresan saat dibawa-bawa, desain yang menarik!


Sistem Operasi

Salah satu keunikan Iconia W3 adalah kemampuannya menjalankan sistem operasi Windows 8, bukan Windows RT sehingga semua aplikasi windows dapat dijalankan di tablet ini. Iconia W3 juga dapat diupgrade ke versi windows terbaru, yaitu Windows 8.1 dengan berbagai tambahan aplikasi seperti Reading List, Health+Fitness, Sound Recorder, dll. Tablet dengan OS Windows memang memiliki aplikasi dan game yang tidak sebanyak tablet Android dan Apple, tetapi kini banyak aplikasi berkualitas juga dapat dijalankan di OS Windows, seperti Flipboard, Evernote, Kindle, dll. Windows 8 juga kompatibel dengan program-program yang didesain untuk Windows 7. Untuk urusan hiburan, terdapat game-game populer seperti Royal revolt, Angry birds, Where’s my water, Rayman, Halo: Spartan Assault, dan Wordament di Windows Market.

Microsoft Office Telah Termasuk


Dengan harga yang terjangkau, bila Anda membeli tablet Acer Iconia W3 maka Anda dapat menginstall Microsoft Office edisi full (bukan edisi demo 90 hari seperti pada kebanyakan laptop dan tablet). Versi Microsoft Office yang disertakan adalah versi Home and Student 2013 dengan aplikasi Word, Excel, Power Point, dan One Note. Dengan demikian W3 dapat membuka dan mengedit semua file Office tanpa harus khawatir akan mengalami perubahan formatting seperti saat menggunakan aplikasi lain pada tablet Android dan Apple. Pengalaman mengetik akan jauh lebih nyaman bila menggunakan keyboard eksternal yang disertakan dibandingkan menggunakan keyboard layar.

Prosesor dan Memori

Prosesor yang digunakan tablet ini adalah Intel Atom Z2760, prosesor dual-core dengan kecepatan 2 x 1,8 GHz yang hemat energi. Penggunaan prosesor hemat energi  memungkinkan Iconia dapat digunakan untuk memutar video selama 8 jam, selain itu prosesor ini tidak memerlukan kipas pendingin sehingga saat dipegang, Anda tidak akan merasakan getaran dan bunyi kipas. 



Iconia W3 memiliki memori RAM sebesar 2 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 32 GB, bila dirasakan masih kurang, Anda dapat menambahkan memori dengan microSD sampai 32 GB. Acer juga memberikan fasilitas Acer Cloud Storage untuk memudahkan Anda dalam menyimpan aneka file di layanan cloud, sehingga dapat diakses di mana saja melalui smartphone atau laptop Anda.

Konektivitas USB, WiFi dan Bluetooth

Salah satu keunggulan dari tablet dengan OS Windows 8 adalah kemudahan dalam menghubungkan tablet dengan perangkat lain. Melalui konverter microUSB ke USB yang disediakan, perangkat seperti printer, keyboard, mouse, USB flashdisk, maupun harddisk eksternal dapat dikenali dengan mudah. Selain USB, Iconia W3 juga dilengkapi dengan konektivitas WIFi 802.11 b/g/n untuk transfer konten secara cepat, dan Bluetooth versi 4.0 yang hemat energi.


Kamera Depan dan Belakang

Acer Iconia W3 telah dilengkapi dengan kamera depan dan belakang. Keduanya memiliki resolusi 2 megapiksel sehingga dapat digunakan untuk melakukan video-calling, atau memfoto objek lain. Sayangnya Kamera Acer Iconia W3 belum dilengkapi dengan kemampuan autofocus.

Kesimpulan dan Harga

Acer Iconia W3 merupakan pilihan tablet yang sangat menarik, dengan harga sekitar Rp4,4 juta, Anda mendapatkan tablet dengan OS Windows 8, layar HD 8 inci, baterai yang tahan lama, serta keyboard eksternal dan Microsoft Office 2013 Home and Student Edition yang telah termasuk. Tentu saja performa prosesor Intel Atom memang masih di bawah Intel Core series, tetapi Atom merupakan pilihan yang cukup tepat karena cukup bertenaga dalam menjalankan berbagai program Windows 8 (termasuk aneka game) dan lebih hemat energi serta tidak memerlukan kipas pendingin. Tablet ini juga dilengkapi dengan konektivitas USB, WiFi, dan bluetooth yang merupakan suatu poin lebih. Kelemahan pada tablet ini adalah layarnya yang belum berjenis IPS, dan kamera yang belum autofocus, tetapi hal tersebut sangat wajar mengingat target harga tablet ini yang terjangkau.

 Nilai Akhir:




4 comments: